Jordan Rudess (lahir Jordan Charles [1] [2] Rudes pada tanggal 4 November 1956) adalah seorang keyboardist Amerika terbaik dikenal sebagai anggota band progressive metal Dream Theater dan progressive rock supergrup Cair Tegangan Eksperimen.
Rudess lahir pada tahun 1956 dalam keluarga Yahudi. Dia diakui oleh guru kelas 2 nya untuk bermain piano dan segera diberikan pendidikan profesional. Pukul sembilan, ia memasuki Sekolah Musik Juilliard Pra-College Divisi untuk pelatihan piano klasik, tetapi oleh para remaja akhir ia menjadi semakin tertarik dengan synthesizer dan musik rock progresif. Terhadap nasihat orang tuanya dan tutor, ia berpaling dari piano klasik dan mencoba tangannya sebagai keyboardis rock solo progresif. [3]
Setelah tampil di berbagai proyek selama tahun 1980-an, ia mendapatkan perhatian internasional pada tahun 1994 ketika ia terpilih sebagai "Best New Talent" dalam jajak pendapat pembaca Majalah Keyboard 'setelah rilis album solo Dengar nya. Dua dari band yang mengambil pernyataan Rudess adalah The Dixie Dregs dan Dream Theater, keduanya diundang untuk bergabung. Rudess memilih Dregs, terutama sebagai bagian waktu anggota band ini akan memiliki lebih sedikit dampak atas keluarga muda itu, pilihan dia tidak diberikan dengan Dream Theater. [4]
Selama waktunya dengan Dregs, Rudess membentuk "duo power" dengan drummer Rod Morgenstein. Asal-usul pasangan ini terjadi ketika listrik padam menyebabkan semua Dregs 'instrumen untuk gagal kecuali Rudess', sehingga ia dan Morgenstein improvisasi dengan satu sama lain sampai listrik telah dipulihkan dan konser bisa melanjutkan. Kimia antara dua itu begitu kuat selama selai bahwa mereka memutuskan untuk tampil bersama secara teratur (dengan nama Rudess / Morgenstein Proyek atau lambat RMP) dan sejak merilis sebuah studio dan catatan hidup.
Rudess ditemui Dream Theater sekali lagi ketika ia dan Morgenstein dijamin slot dukungan pada salah satu Dream Theater wisata Utara Amerika.
Pada tahun 1997, ketika Mike Portnoy diminta untuk membentuk sebuah supergroup oleh Magna Carta Records, Rudess telah dipilih untuk mengisi spot di keyboardist band, yang juga terdiri dari Tony Levin dan Portnoy's Dream Theater kolega John Petrucci. Selama perekaman dua Cair Tegangan Eksperimen's album, menjadi jelas bagi Portnoy dan Petrucci yang Rudess Dream Theater adalah apa yang dibutuhkan. Mereka meminta Rudess untuk bergabung dengan band, dan ketika ia menerima mereka merilis kemudian-keyboardist mereka Derek Sherinian untuk membuat jalan untuknya.
Rudess telah menjadi keyboardist penuh waktu di Dream Theater sejak tahun 1999 pencatatan Metropolis Pt. 2: Adegan Memory. Dia telah mencatat lima album studio lainnya dengan grup: 2002's Six Degrees of Inner Turbulensi, Train 2003's of Thought, Octavarium 2005's, 2007's Systematic Chaos, dan 2009's Black Clouds & Silver Linings. Selain itu, ia telah muncul di album live Live Scenes From New York, Live at Budokan, dan Skor Chaos in Motion.
Selain bekerja dengan Dream Theater dia kadang-kadang catatan dan melakukan dalam konteks lain, seperti kinerja duo 2001 satu-off dengan Petrucci (dirilis sebagai CD An Evening Dengan John Petrucci dan Jordan Rudess), serta back up Blackfield pada mereka pertama pendek tur AS pada tahun 2005 dan bermain slot solo pembuka untuk mereka di kedua mereka di tahun 2007.
Rudess mengatakan pengaruh sebagai keyboardist seorang yang Keith Emerson, Rick Wakeman dan Patrick Moraz [5].. artis musik favoritnya dan kelompok termasuk Gentle Giant, Yes, Genesis, Pink Floyd, Emerson, Lake & Palmer, King Crimson, Jimi Hendrix, Autechre, dan Aphex Twin [6]..
[Sunting] Penggunaan teknologi
Sementara pemain keyboard banyak di progressive rock cenderung membawa ke arah keyboard banyak di atas panggung, membuat rak-rak besar keyboard, Rudess mengambil keuntungan penuh dari kemungkinan yang ditawarkan oleh Kurzweil K2600xs selama pemakaian hidup nya keyboard dari tahun 1990-an hingga 2004. Seringkali sampel suara dari keyboard lain yang dimilikinya, Rudess membuat serangkaian "setup", masing-masing yang memetakan suara yang berbeda untuk lapisan yang berbeda dan rentang kunci dari pengendali keyboard; setup ini kemudian diatur dalam urutan mereka akan diminta untuk manggung , dan bersepeda melalui satu pada satu waktu dengan footswitch (kontrol pedal diletakkan di lantai bawah keyboard). Ia sering peta suara untuk catatan tepat pada keyboard untuk menghindari bermain akord pada suara yang dimaksudkan untuk menjadi monophonic dan realistis untuk menciptakan perkusi suara di bawah suara bernada ia bermain.
Sedangkan metode fisik Rudess untuk merubah setup hidup akan lebih dari mungkin tetap sama, pilihannya perangkat keras untuk melaksanakan ini berubah pada tahun 2005. Mengutip suatu kebutuhan untuk dukungan tur yang lebih baik dan teknologi berjalan lebih (Kurzweil K2600XS's contoh nya memori maksimum 128 MB telah menjadi tidak cukup untuk kebutuhan tur), Rudess beralih endorsements keyboard dari Kurzweil untuk kapal workstation baru Korg's Korg Oasys (yang dapat mendukung sampai 2 GB memori sampel [7]), yang pertama kali digunakan pada 2005-2006 Dream Theater tur HUT ke-20, bersama dengan VST hardware Lubang Muse dan Haken Continuum X / Y / Z-pesawat MIDI Instrumen memicu Roland V-Synth XT dan Synthesizers.com Modular. Rudess adalah keyboardis terkenal pertama yang membawa Haken Continuum ke panggung hidup. Rudess masih menggunakan Kurzweil untuk rekaman studio dan beberapa suara yang paling terkenal, seperti "babi", salah satu suara tanda tangannya yang sering dimainkan berbarengan dengan gitar atau gitar bass, adalah suara dari K2600xs.
Sejak tahun 2001, Rudess menggunakan custom made keyboardstands berputar di atas panggung untuk kedua Dream Theater dan solo karir, yang dibangun oleh Patrick Slaats dari Belanda. [1] Pada 2007-2008 Dream Theater's "Chaos in Motion" tur dunia, Rudess memperluas nya tinggal setup dengan penambahan Radias Korg, sebuah Memotron cebol, [8] dan keytar Riffer Zen. Rudess berhenti menggunakan nya Synthesizers.com modular setelah kaki dari tur Eropa karena ukuran dan berat. nasib synthesizer tidak diketahui. Selama tur 2008 Progresif Bangsa, ia diperkenalkan pada panggung Pad Kaoss 3 untuk menutup medley.
Untuk tur 2009-2010, dalam mendukung Clouds Black & Silver Linings, Jordan memperkenalkan Apple iPod Touch di atas panggung, menjalankan aplikasi bernama Bebot Robot Synth [9] Dia bermain itu selama Sebuah Ritus Passage -. Baik album studio dan live versi dari lagu tersebut - dan sering menggunakannya untuk improvisasi solo, seperti di intro Tahun Hollow 'dan selama bagian instrumental baru pada Solitary Shell.
Pada tanggal 24 September 2010, Rudess merilis lagu "Krump," yang electronica sebuah "single" dirilis di iTunes. Ini menampilkan penggunaan Gaia Roland baru, keyboard Roland lebih baru.
Minggu, 10 April 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar